Lahir Saja Belum, Bayi Ini Sudah Harus Operasi Paru-paru

 

Lake Annabelle Hall tidak akan lahir di dunia ini jika saja dokter di Rumah Sakit Anak Colorado tak memberikan operasi padanya. Ya, Lake mengalami kista pada paru-paru kirinya sebelum ia dilahirkan.

Saat itu, ia harus dioperasi sebelum ia lahir. Dokter menariknya setengah keluar dari rahim ibunya dengan keadaan masih terhubung ke tali pusar dan plasenta. Sementara 43 dokter dan perawat memberikan operasi padanya.

Dikutip dari Foxnews, Selasa (11/4/2013) dr Timothy Crombleholme lah yang melakukan operasi langka ini. Ia melakukan operasi sebelum kelahiran Lake pada 6 November.

“Tidak akan ada operasi lagi,” ungkap Savannah Perry, ibu Lake saat minggu lalu bertemu dr Timothy. Senada dengan itu, Erik Hall ayah Lake pun mengungkapkan, “Lake normal, sehat,sama seperti bayi lain pada umumnya tanpa masalah apapun,” katanya.

Dalam kasus Lake, dr Timothy mendapat kejanggalan dalam kandungan Savannah pada kunjungan rutin ke-20 minggu. Dalam pemeriksaannya, Timothy mendapatkan kista paru-paru yang akan menghambat pernapasan janinnya segera setelah lahir.

Akhirnya, dr Timothy menunggu sampai 30 minggu kehamilan untuk mencoba operasi untuk mengangkat kista dan saluran nafas Lake sebelum ia lahir. Selagi menunggu waktu yang tepat, ia juga membentuk tim untuk operasi ini.

Tim ini terdiri dari tim cesar ibunya, tim untuk Lake diluar rahim, dan tim untuk Lake setelah kelahirannya.

Setelah bayi berada di luar rahim ibunya dokter hanya memiliki sekitar satu hingga satu setengah jam untuk melakukan prosedur operasi pada Lake. Setelah itu, butuh waktu 9 menit untuk menghilangkan kista dan menutup sayatan di sisi kanannya. Terakhir, 10 menit untuk menjalankan tabung ke tenggorokan kecil Lake untuk benar-benar memastikannya.

Setelah semua berjalan lancar barulah dr Timothy memotong tali pusar dan menandai kelahiran resmi Lake. Untuk 4 bulan pertama Lake diberikan oksigen untuk membantunya bernafas.

Sekarang, Lake telah berumur 5 bulan setelah menjalani proses medis yang langka tersebut.

Untuk diketahui, sampai saat ini Colorado Fetal Care Center at Children’s Hospital melakukan puluhan kali bedah pra-kelahiran dalam satu tahun.

 

Credit : http://health.detik.com/read/2013/04/11/182859/2218040/1202/lahir-saja-belum-bayi-ini-sudah-harus-operasi-paru-paru

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,263 other followers

%d bloggers like this: